Ternyata Berbeda-Beda Inilah Beberapa Jenis Jasa Arsitek

Ternyata Berbeda-Beda! Inilah Beberapa Jenis Jasa Arsitek. Pembangunan infrastruktur sedang di nomor satukan di negeri ini. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan menunjang kehidupan masyarakat yang setiap hari semakin meningkat. Ada berbagai macam pembangunan yang dilakukan, seperti pembangunan jalan, jembatan, gedung perkantoran, rumah sakit, rumah hunian dan lain sebagainya.

Hal ini tentunya menjadi peluang yang sangat tinggi untuk para jasa arsitek maupun kontraktor serta konsultan bangunan. Mereka akan mendapat banyak pekerjaan dari pembangunan infrastruktur ini. Namun, tidak semua jasa ini sama. Dalam praktiknya, ada beberapa jenis dari jasa ini. Berikut penjelasannya.

Jasa Arsitek Bidang Desain Hunian

Biasanya, dalam jasa ini arsitek akan lebih mengkhususkan untuk menggarap hunian, seperti bangunan rumah tinggal, gedung apartemen, flat studio dan lain sebagainya. Untuk tingkat kerumitan strukturnya sendiri termasuk sangat tinggi, karena kebanyakan pemilik rumah ingin agar bangunannya bisa di desain dengan sangat estetis dan unik. Biasanya, para arsitek dapat bereksperimen dengan berbagai bentuk dan kreativitas desain.

Jasa Arsitek Bidang Desain Industri

Jasa arsitek yang satu ini lebih berkonsentrasi pada tipe bangunan industri, seperti jembatan, bank, pabrik, bandara, laboratorium, instalasi pembangkit listrik dan masih banyak lagi. Untuk bisa mendesain bangunan industri, para arsitek harus memiliki banyak pengetahuan akan struktur. Biasanya, mereka akan mengembangkan sebuah rencana desain dengan mengacu kepada struktur bangunan.

Jasa Arsitek Bidang Desain Komersial

Kalau jasa yang satu ini skala proyeknya adalah bangunan tipe komersial, pusat perbelanjaan, hotel, gedung kantor, rumah sakit, resort, dan lain sebagainya. Biasanya, arsitek yang bekerja pada jasa ini juga bisa mendesain sarana publik dan gedung-gedung pemerintahan. Arsitek ini akan menciptakan desain sangat mendetail dan terstruktur dikarenakan merupakan skala besar. Dari tahap awal perencanaan, seperti konsep sampai pembangunan harus selalu dipresentasikan dan dirapatkan dengan klien. Bahkan, masalah dan kendala yang timbul harus segera dicarikan solusinya.

Jasa Arsitek Bidang Desain Lansekap/Pertamanan

Seperti namanya, jasa arsitek yang satu ini fokus pada ilmu desain berhubungan dengan lingkungan kebun, taman, tanaman, tumbuhan dan lain-lain. Para arsitek ini lebih mempelajari bagaimana mengatur dan menciptakan daerah luar yang estetis dan nyaman bagi masyarakat. Jenis arsitek ini juga mengatur pertemuan rapat dengan kontraktor lansekap pertamanan. Selain itu, para arsitek juga akan berkoordinasi dengan tata perencana kota dan mengikuti rencana pengembangan kota yang ada. Bahkan, arsitek ini biasa disewa untuk proyek pribadi.

Nah, itulah jenis-jenis dari jasa arsitek. Ternyata, jasa ini memiliki jenis yang berbeda, sesuai dengan fokusnya. Sehingga, tidak membuat orang-orang bingung saat memilih jenis arsitek yang sesuai dengan pembangunanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *